WEBINAR BEDAH LITAPDIMAS 2020 #1

Ayo bagikan informasi mengenai WEBINAR BEDAH LITAPDIMAS 2020 #1 ini ke teman-teman kamu di sosial media, gunakan tombol share dibawah ini.

Whatsapp Facebook Twitter

Bandung, 30 Juni 2020, Dalam rangka peningkatan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengadakan webinar bedah Litapdimas tahun 2020 dengan tema Terjemah Puitis Kitab Suci di Tatar Sunda. Karya ilmiah salah satu dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Jajang A Rohmana, M.Ag. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring, dikarenakan status wabah pandemi COVID-19 belum berstatus aman atau normal. Acara ini diawali dengan pembacaan ayat suci al Qur'an  dan beberapa sambutan-sambutan. 

Sambutan pertama diawali oleh Ketua LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung Dr. Husnul Qodim, MA. Dalam sambutannya Ketua LP2M menyampaikan terima kasih kepada para dosen UIN Sunan Gunung Djati Bandung didalam mempertahankan dan meningkatkan produktivitas penelitian untuk kebutuhan Khususnya di lingkungan akademik dan masyarakat pada umumnya. Ketua LP2M juga menyampaikan bahwa tema ini diangkat berdasarkan hasil penelitian karya ilmiah. Diakhir sambutan, tak lupa Ketua LP2M menyampaikan betapa pentingnya dukungan dari Rektor dan juga beberapa pimpinan lainnya. 

Senada dengan Ketua LP2M Dr. Husnul Qodim, MA, Rektor UIN Sunan Gung Djati Bandung Prof. Dr. K.H. Mahmud, M.Si dalam sambutannya menyatakan betapa pentingnya acara ini karena posisi LP2M sebagai ujung tombak dalam hal penelitian, riset dan pengabdian masyarakat. prestasi-prestasi yang telah kita capai harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan meskipun di masa pandemi COVID-19 ini sangat menghambat aktivitas dan program yang sudah dicanangkan, sehingga memberikan pengaruh terhadap anggaran penelitian dan program dikembalikan ke Negara. Dalam sambutannya, Rektor juga menyampaikan bahwa meskipun LP2M memikul beban selama pandemi ini, akan tetapi kontribusi dan prestasi yang dihasilkan sudah bagus dan sangat mempuni. 

Tidak hanya memberikan sambutan, Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung juga bertindak sebagai Keynote Speaker pada acara ini. Sebagai Keynote Speaker, Prof. Dr. K.H. Mahmud, M.Si memberikan salah satu pandangannya yaitu selain semboyan silih asa, silih asih, dan silih asuh. Orang sunda juga harus menerapkan silih wawangi dalam kehidupan sehari-hari

Acara ini berlangsung secara khidmat. Pada sesi pertama, Dr. Izzah Faizah R.K., M.Ag (Dosen Ulumul Qur¢an UIN SGD Bandung) sebagai moderator pada acara ini, memberikan pengantar kepada narasumber dan pembahas. Pada sesi kedua, Dr. Jajang A Rohmana., M.Ag (Peneliti UIN SGD Bandung) menyampaikan isi makalah dan memaparkannya kepada peserta webinar. Kemudian pada sesi ketiga, moderator memberikan kepada pembahas yaitu Prof. Dr. Rosihon Anwar., M.Ag (Guru Besar Ulumul Qur'an/ Warek 1 UIN SGD Bandung). Pada sesi keempat, moderator memberikan waktu kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan pandangan mengenai Terjemah Puitis Kitab Suci di Tatar Sunda.

Acara webinar ini terbuka untuk umum, oleh karena itu acara ini tidak hanya diikuti oleh dosen dan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati saja, turut ikut hadir beberapa dosen dan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Tak hanya itu,  acara webinar ini merupakan kegiatan yang berkelanjutan dan disajikan secara berkala oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 

HUMAS LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung